Pengusaha Korea Bangun Pabrik Bio Gas di Pijay

MEUREUDU – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya, mempersilahkan PT Goka Enc, asal Korea Selatan (Korsel) yang berencana membangun pabrik bio gas di Kecamatan Panteraja.

“Sepanjang menguntungkan kedua belah pihak, kami tetap mempersilahkan kepada investor asing akan membangun pabrik bio gas dan pembangkit listrik limbah sawit,”kata Wakil Bupati Pidie Jaya, HM Yusuf Ibrahim kepada Serambi, Sabtu (8/6) usai acara pertemuan dengan Presiden PT Goka Enc, Jang Eun Seog, di Meruedu.

Ditegaskannya, Pemkab Pijay berharap agar proyek tersebut dapat segera direalisasikan, karena akan memberikan dampak perubahan dari segi perekonomian bagi daerah. Namun, menyangkut persoalan rekomendasi lahan dan MoU lokasi proyek Pemkab tetap merestuinya saja sepanjang pihak Pemerintah Aceh mampu memberikan dana pembebasan lahan agar tidak membebani Pemkab Pijay.

“Khusus untuk rekomendasi layak atau tidaknya terwujud pabrik bio gas dan pembangkit listrik di Pijay, kami tetap membentuk tim untuk melakukan studi kelayakan,”jelasnya. Sebelumnya, Presiden PT Goka Enc, Jang Eun Seog dalam perteuan itu mengatakan, sejauh ini pihaknya sedang mengurus izin pertambangan industri bio gas di Pijay dan persizinan investasi dari pemerintah RI No 5 tanggal 9 April 2013. Selain itu Jang Eun Seog juga mengaku telah mengantongi NPWP, PPN serta izin Menkum HAM.

“Dari hasil survei, Kecamatan Panteraja berpotensi besar untuk dijadikan lokasi proyek bio gas dan pembangkit listrik berkekuatan 10 Mw,”ujar Presiden PT Goka Enc. Dijelaskan Jang Eun Seog, jika terjadi pembatalan, maka pihaknya siap untuk mengganti rugi kepada Pemkab Pijay Rp 2 miliar. “Kami berharap kerjasama ini dapat terwujud demi perubahan dan investasi didaerah Pidie Jaya,”ungkapnya.(c43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*