Badan Amil Zakat TIM Mengadakan Penyaluran Zakat


Jakarta — Badan Amil Zakat PP-TIM Jakarta melaksanakan penyaluran zakat untuk periode 1434 H/ 2013 M selama 2 hari, yaitu pada Sabtu (9/11) dan Minggu (10/11/2013). Penyaluran zakat tersebut dilaksanakan di kantor sekretariat PP-TIM, di Jalan Setiabudi Barat No. 1 Jakarta Selatan yang turut dihadiri oleh Wakil Ketua Umum PP-TIM, H.T. Azwani Sabil, seluruh pengurus BAZ dan H.T. Rizani Yusuf selaku pengawas BAZ.

“Tahun ini, jumlah dana zakat yang kami terima mengalami peningkatan, namun jumlah mustahiqnya juga ikut bertambah” ungkap Ketua Badan Amil Zakat TIM, Drs. Tgk. H. Hasyim Syam, MA. dalam pembukaan acara. “Dana zakat sejumlah Rp 1.744.060.000,- tersebut disalurkan kepada 859 orang fuqara dan 2770 orang masakin yang tersebar di 38 Cabang TIM. Kemudian kita juga memberikan bantuan pendidikan kepada 397 orang mahasiswa mulai tingkat Diploma, S1, S2 hingga S3 dari berbagai perguruan tinggi se-Jabodetabek, Banten dan Karawang” lanjutnya.

Dari jumlah yang tidak seberapa yang diterima para mahasiswa tersebut, Tgk. H. Hasyim Syam menekankan agar uang tersebut dimanfaatkan untuk melengkapi referensi kuliah mereka. Dari shenif Fisabilillah, selain mahasiswa juga disalurkan untuk pembangunan/renovasi fisik meunasah dan pengajian di Cabang-cabang TIM. Untuk shenif Gharimin dan Ibnu Sabil sendiri akan disalurkan di sepanjang tahun berjalan sesuai dengan permohonan.

Diakui bahwa sejak beberapa tahun belakangan, BAZ TIM terus mendapat dukungan dan kepercayaan dari para muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui TIM. Seiring bertambahnya jumlah muzakki, bertambah pula jumlah zakat yang terkumpul, dan bertambah besar pula harapan untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Aceh di perantauan ini.

Menurut Tgk. H. Hasyim Syam, sebagai salah satu bentuk program tahirô gampông, BAZ TIM akan menyalurkan zakat shenif Muallaf untuk melanjutkan pembinaan muallaf Aceh. Program pembinaan muallaf ini telah dirintis setahun yang lalu untuk muallaf Banda Aceh dan Aceh Besar yang hingga saat ini telah berjumlah kurang lebih 90 orang muallaf yang dibina, dan di awal tahun 2014 nanti akan dilakukan pembinaan muallaf di Subulussalam yang sedang mengalami pemurtadan besar-besaran. Program ini mendapat dukungan penuh dari PP-TIM, Pemerintah Daerah dan Dinas Syari’at Islam Subulussalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*