SANGGAR TARI SLTA DARI KOTA TANGERANG SELATAN JUARA UMUM FESTIVAL TARI RATÓH JAROÉ TERBUKA TINGKAT NASIONAL

1

Festival Tari Ratóh JaroéTerbuka tingkat Nasional yang berlangsung di Anjungan Pemerintah Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Aceh yang telah terselenggara sejak tahun 2006. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Nunu Suhardini dalam laporannya mengatakan bahwa festival tersebut telah berlangsung sejak 25 dan 26 Oktober 2014 lalu yang diikuti oleh 66 tim pada babak penyisihan dan puncaknya pada hari Ahad, 2 Nopember 2014 diikuti oleh 20 tim peserta yang berhasil lolos ke babak final, terdiri dari 11 SLTA Negeri dari DKI Jakarta, yaitu MAN 4 (juara bertahan), SMA Negeri 28 (dua tim), SMA Negeri 38, SMA Negeri 48, SMA Negeri 61, SMA Negeri 71, SMA Negeri 87, SMA Negeri 90 dan SMA Negeri 104. Sedangkan dari Kota Tangerang Selatan diikuti oleh empat SMA Negeri dan satu SMA swasta, yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Negeri 6, SMA Negeri 9 (dua tim) dan SMA Islam Al-Azhar BSD. Peserta dari Kota Bekasi terdiri dari SMA Negeri 6 dan SMA Islam Al-Azhar Kemang Pratama. Dua tim lainnya berasal dari Kota Tangerang, masing-masing SMA Negeri 1 dan Universitas Budi Luhur.

Mewakili manajemen TMII Jakarta, Drs. Sigit Gunardjo dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Pemerintah Aceh yang telah ikut berpartisipasi aktif melestarikan budaya bangsa dalam bentuk seni tari tradisional Aceh Ratóh Jaroé yang kini nmenjadi seni tari favorit tidak hanya di kancah nasional namun bahkan di kancah mancanegara. Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Ir. Muhammad Badri Ismail saat menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara festival secara resmi mewakili Gubenur Aceh menegaskan bahwa seni tari yang berasal dari dataran tinggi Gayo ini telah memukau banyak pihak dan dalam waktu dekat tarian ini akan ditarikan secara kolosal oleh lima ribu penari di daerah asalnya. Lebih lanjut Badri mengatakan mulai tahun depan direncanakan festival ini akan mengikutsertakan peserta dari manca negara untuk memeriahkan piala bergilir Gubernur Aceh yang telah berlangsung satu windu terakhir.

Sementara itu, Kepala Anjungan Pemerintah Aceh TMII, Cut Putri Alyanur yang dikonfirmasi via telepon berkenaan dengan pengumuman para juara menyebutkan para pemenang festival tahun ini didominasi oleh sekolah-sekolah yang berasal dari Kota Tangerang Selatan dan DKI Jakarta dengan peringkat juara pertama, SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan (Tim A), juara ke dua, SMA Islam Al-Azhar BSD, Kota Tangerang Selatan, juara ke tiga SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, juara harapan ke satu, SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan, menyusul juara harapan ke dua, SMA Negeri 90 Jakarta dan juara harapan ke tiga diraih oleh SMA Negeri 48 Jakarta. Sedangkan juara favorit kembali diraih oleh SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan (Tim B). Alyanur menambahkan bahwa festival tersebut berlangsung dengan penilaian yang objektif berkat partisipasi para dewan juri yang terdiri dari Syeh Marzuki Hasan (Dosen IKJ), Asnawi Abdullah (Dosen IKJ/ putera Syeh seudati legendaris, Syeh Lah Geunta) dan Endang Sari Dewi (Kapala Bagian Pendidikan dan Pelatihan TMII Jakarta).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*