IMAPA (Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh) Jakarta Membuat “TIMPAN” Selama 4 Hari di Jakarta

unnamed

Gemilang keemasan yang pernah ditorehkan oleh Sultan Iskandar Muda hingga heroisme melawan kolonial Belanda telah membangun satu citra diri yang begitu membanggakan di kalangan masyarakat dan generasi muda Aceh. Citra inilah seharusnya dapat menjadi benteng dan spirit bagi generasi Aceh dalam mengembangkan kekayaan intelektual diri dan loyalitasnya dalam membangun Aceh. Spirit ini harus dipertahankan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Namun dalam perjalanannya, generasi muda yang didefiniskan sebagai agent of change ini seakan memberlakukan kaidah sejarah yang sangat klise bahwa ‘kejayaan membunuh semangat juang yang melahirkannya”.  Sikap apatis terhadap sejarah dan lemahnya intelektual keacehan dikhawatirkan  dapat menjauhkan generasi Aceh dari nilai-nilai loyalitas dan militansi terhadap Aceh.

Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh (IMAPA) Jakartamelaksanakan kegiatan Training Kepemimpinan tingkat lanjutan (TIMPAN II) pada Tanggal 15-19 April 2015, di Graha Wicaksana-Komplek LAN Pejompongan Jakarta. Untuk mewujudkan kemantapan intelektual kader melalui revitalisasi nilai keacehan.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Prof. Dr. Syamsuddin Mahmud selaku pembina IMAPA Jakarta. Belau memberikan pesan “bahwa generasi muda harus selalu belajar, bercita-cita setinggi-tingginya, dan berharap generasi Aceh nanti mampu bersaing dilevel manapun. Beliau menyampaikan sangat mendukung program tersebut sebagai wadah untuk belajar.

Pada acara pembukaan turut dihadiri juga oleh Ir. Muhammad Badri Ismail (Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh), dan juga dihadiri Dr. Ir. Surya Dharma. MBA. (Ketua Umum PP Taman Iskandar Muda Jakarta). Dan turut dihadiri oleh tokoh-tokoh Aceh lainnya yang berada di Jakarta.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Muslim. SH. MM. (Anggota DPR-RI) beliau memberikan materi dengan tema “Prospek Generasi Muda Dilevel Nasional”. Beliau banyak bercerita tentang pengalaman hidup dan karir beliau dalam dunia politik. Beliau juga sangat menganjurkan mahasiswa-mahasiswa Aceh di Jakarta untuk berorganisasi, karena itu akan sangat bermanfaat ketika nanti hidup bermasyarakat”. TIMPAN 2 ini akan berlangsung hingga Minggu 19 April 2015.

unnamed (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*