Warga Aceh di Jakarta Buka Puasa Perdana

JAKARTA – Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP-TIM) selama pekan pertama Ramadhan 1436 H telah menyelenggarkan dua kali acara buka puasa bersama di dua tempat berbeda.

Kegiatan berbuka puasa perdana diadakan di ruang Oriza gedung BULOG, Kuningan, Jakarta Selatan dengan para shahibul hajah, terdiri dari : H. Adnan Ganto, DR. Ir. Mutafa Abubakar, M.Si., H. Teuku Safli Didoh dan DR. Ahmad Farhan Hamid, MS.

Kegiatan pada Sabtu, 20 Juni 2015 dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat meskipun ada beberapa orang yang menyatakan berhalangan namun terhitung maksimal karena beberapa round table yang tersedia semuanya terisi penuh oleh shā-imūn dan shā-māt yang terdiri dari unsur keluarga shahibul hajah, penasehat TIM, Majelis Mufakat TIM PP-TIM, para pengurus cabang TIM dan beberapa tokoh dari luar Jabodetabek.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya taushiyah seputar puasa yang disampaikan oleh Prof. DR. Arif Rahman selaku pakar dan pengamat pendidikan Indonesia sebagai narasumber, diberi ruang waktu langsung ba’da shalat ‘Isya berjamaah yang bertemakan “Double I dan Triple S” yang mengetengahkan keberadaan iman dan diikuti dengan amalan (perbuataan) yang didasari oleh keikhlasan yang diaplikasikan melalui shalat, shabar dan syukur.

Setelah sambutan shahibul hajah yang diwakili oleh H. Adnan Ganto lalu dilanjutkan dengan kegiatan rutin PP-TIM yang dipimpin oleh Ketua Umum PP-TIM, DR. Ir. Surya Darma, MBA, di antaranya menyampaikan mengenai perkembangan progres pembangunan Wisma TIM yang telah menyelesaikan tahap pertama.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih atas nama masyarakat Aceh di lingkungan TIM kepada H. Adnan Ganto atas perhatian terhadap pembangunan Wisma TIM tersebut.

Kegiatan rutin Ramadhan berupa pengumpulan zakat, shadaqah/ infaq seperti biasa dengan meminta komitmen para muzakki  dan munfiq agar menyalurkan zakat dan infaqnya melalui TIM. Berdasar komitmen para undangan berbuka puasa perdana, perkiraan jumlah zakat sebesar Rp 287,100,000.00. Sedangkan infaq dan shadaqah Rp 15,750,000.00. Kotak untuk santunan anak yatim Rp 3,226,000.00.

Sementara kegiatan serupa juga berlangsung pada hari Ahad, 21 Juni 2015 di Masjid An-Nur Plaza Mandiri dengan shahibul bait DR. Sofyan A. Djalil, SH., MA. MALD, di samping dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Aceh juga turut hadir Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Sadikin.

Bertindak selaku narasumber pada taushiyah seputar Ramadhan adalah shahibul bait sendiri yaitu DR. Sofyan A. Djalil, SH., MA., MALD yang mengemukakan beberapa hal berkenaan dengan civilization, toleransi dan sekelumit informasi tentang situasi aktual di Aceh dengan membuat ilustrasi, bagaimana bersikap untuk menjatuhkan pilihan bila ditawarkan minyak babi cap Onta atau minyak samin cap babi yang mengandung pengertian penampilan luar (preforma) lebih mendapat tempat ketimbang subtansi.

Jumlah komitmen penyaluran zakat dan shadaqah/ infaq pada kegiatan berbuka bersama TIM kesempatan kedua ini sebesar Rp 245,000,000.00 dan shadaqah/ infaq sebesar Rp 105,500,000.00.  Kotak untuk santunan anak yatim Rp 3,595,000.00.

Buka puasa warga TIM di jakarta

Buka puasa warga TIM di jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*