Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta menyelenggarakan Festival Kuliner Aceh ke 8

unnamed (1)

JAKARTA, 9 Agustus 2015 | Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta menyelenggarakan Festival Kuliner Aceh ke 8 dalam rangka memperebutkan Piala Isteri Gubernur Aceh. Acara tersebut disentralisasikan di Anjungan Pemerintah Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada hari Ahad, 9 Agustus 2015 yang diikuti oleh delapan peserta se-Jabodetabek.

Acara yang tergolong istimewa ini tidak hanya menyedot perhatian turis domestik, namun bahkan turis mancanegara. Para turis yang berkunjung pada even tersebut sangat variatif, di antaranya berasal dari Eropa, Asia dan Timur Tengah. Beberapa turis asing yang sempat diwawancarai oleh Media Online PP-TIM adalah Zakaria dan Hindun, dua remaja yang berusia 16 tahun ini berasal dari Al-Jazair. Mereka memberi apresiasi dengan mengatakan “Mumtaz” yang berarti sangat luar biasa dan terkagum-kagum dengan kemeriahan acara dan layanan yang diberikan oleh panitia penyelenggara yang dipelopori langsung oleh Kepala Anjungan Pemerintah Aceh, Ir. Cut Putri Alyanur.

Turis asal Al-Jazair sempat naik panggung dan bejoget ria mana kala para penyanyi mendendangkan tembang asal Timur Tengah yang berjudul “Habibī Yā Nūru’l-Aini.” Sedangkan kelompok turis yang berasal dari berbagai negara yang datang terlebih dahulu sempat berfoto bersama dengan para panitia penyelenggara di atas pentas setelah mendapat suguhan panganan khas Aceh, berupa timphan.

Even yang mengusung tema : “Melalui Kuliner Aceh Kita Bangun dan Jaga Budaya serta Tradisi Aceh,” diberi penilaian oleh tiga orang dewan juri dari berbagai latar belakang yang berbeda, yaitu Dra. Hj. Cut Trisnawaty selaku Ketua, Ir. Dra. Ertis Yulia Manikam, anggota  dan Saiful Saifuddin, anggota. Kriteria dan objek penilaian di samping citarasa yang lezat dan sangat beguna bagi vitalitas tubuh manusia juga mengutamakan preforma dan penyajian dengan menyesuaikan dengan kondisi kekinian yang bersih, tertata rapi sehingga akan menarik mata memandang untuk mencicipinya. Demikian ungkapan Tati Hatini selaku ketua panitia saat menyampaikan laporan panitia penyelenggara.

Keluar sebagai pemenang pertama pada festival tersebut adalah nomor undian tujuh “Bungong Jeumpa” dengan menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 5,00,000.00 (lima juta rupiah), diikuti oleh pemenang kedua nomor undian empat “Pidie” dengan menerima  hadiah uang tunai Rp 3,000,000.00 (tiga juta rupiah), pemenang ketiga nomor undian enam “Kluet Raya” menerima hadiah uang tunai Rp 2,500,000.00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Sedangkan juara harapan satu dimenangkan oleh nomor undian lima “Na Raja” dengan hadiah uang tunai Rp 2,000,000.00 (dua juta rupiah) serta pada urutan kedua dan ketiga diraih oleh nomor undian dua “Bunga Rampai” dan nomor undian delapan “Bungong Seulanga” dengan besar hadiah masing-masing Rp 1,500,000.00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) dan Rp 1,000,000.00 (satu juta rupiah).

kuliner-aceh-tmii

Penyerahan hadiah yang terdiri dari uang tunai, piala dan piagam (dari manjemen TMII) kepada para pemeang harapan satu, dua dan tiga dilakukan oleh para dewan juri, untuk juara ketiga oleh Kepala Seksi Promosi dan Pameran atau Kepala Anjungan Pemerintah Aceh TMII, Ir. Cut Putri Alyanur dan penyerahan hadiah kepada pemenang kedua oleh Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Ir. Badri Ismail. Sedangkan penyerahan hadiah untuk pemenang pertama diserahkan langsung oleh isteri Gubernur Aceh, Hj. Niazah A. Hamid.

kuliner-aceh kuliner-aceh-tmii-2015

kuliner-aceh-juara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*