DR. Chalidin Yacob. MA., JP; Putra Pidie yang Jadi Warga Australia

JAKARTA – Beranda depan Resto Street Bistro Pondok Indah Maal 2, Jakarta Selatan  disesaki oleh sejumlah tokoh masyarakat Aceh Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu, 31 Oktober 2015 sekitar pukul 11.00 WIB. Apa gerangan ada di sana?

Menurut pantauan media online www.pptim.or.id, di samping para tokoh tadi telah hadir sesosok pria berjenggot lebat dan berperawakan tinggi semanpai dengan mengenakan gamis. Ternyata pria tersebut mantan fungsionaris PP-TIM di era Ketua Umum H. Turino Junaidi yang mengkoordinatori Bidang Pemuda dan Mahasiswa.

Sebelum hengkang keluar negeri sekitar 1989,  pria menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII), masa bakti 1986-1989 yang bermarkas di Jalan Menteng Raya No. 58 Jakarta Pusat. Justru karena jabatannya itu, pria tersebut harus meninggalkan tanah air tercinta menuju negara tetangga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang pada waktu itu lumrah terjadi sebab organisasi yang dipimpinnya menolak Pancasila sebagai asas tunggal sebagai landasan semua organisasi masyarakat.

Pria tersebut tidak lain adalah putra Aceh dari Padang Tiji, Pidie yang selaku Founder Language School yang merupakan cikal bakal Ashabul Kahfi Islamic Centre Sidney, Australia. Di kalangan alumni PII,  dia disapa Bang Chalidin.

Kini pria bergelar Ph.D dengan nama lengkap DR. Chalidin Yacob. MA., JP telah melepaskan kewarganegaraan Indonesia setelah menetap di Sidney sejak 25 tahun silam menyusul pemberlakuan Pancasila sebagai asas tunggal oleh rezim orde baru.

Karena keteguhan ‘aqidah Islam yang diimaninya dia bersikukuh menjadikan Islam sebagai landasan organisasi yang dipimpinnya sehingga organisasi ini sempat tidak diakui oleh negara pada masa itu.

Acara silaturrahim Chalidin Yacob digagas oleh PP- TIM dan bertindak selaku moderator pada acara tersebut adalah Ketua Umum PP-TIM, DR. Ir. Surya Darma, MBA dan berakhir setelah jamuan makan siang yang difasilitasi oleh Drs. H.M. Asjik Ali dan Prof. DR. Syamsuddin Mahmud selaku pemilik Resto Street Bistro.

Pengurus PP-TIM Silaturrahmi  dengan  pendiri Ashabul Kahfi Islamic Centre Sidney

Pengurus PP-TIM Silaturrahmi dengan pendiri Ashabul Kahfi Islamic Centre Sidney

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*