Pelatihan Merangkai dan Melipat Sirih

DSCN3603

Jelang bulan Ramadhan 1437 H, Bidang Pemberdayaan Perempuan PP-TIM kembali merealisasi salah satu program kerja berupa pelatihan “Melipat dan Merangkai Sirih” yang diikuti oleh sekitar 60 peserta dari berbagai cabang TIM di antaranya TIM Cabang Cibinong, TIM Cabang Ciputat, TIM Cabang Depok, TIM Cabang Kebayoran Baru, TIM Cabang Kebayoran Lama/ Bintaro, TIM Cabang Matraman, TIM Cabang Pasar Minggu, TIM Cabang Rawamangun dan TIM Cabang Tebet serta satu orang peserta utusan khusus dari Anjungan Pemertintah Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kegiatan yang diselenggarakan selama satu hari penuh bertujuan memperkenalkan cara melipat dan merangkai sirih budaya tradisional Aceh dan diharapkan keterampilan ini dapat diteruskan di setiap cabang TIM yang pada hari ini mengirim utusannya pada pelatihan ini. Demikian dituturkan oleh Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan PP-TIM, Ir. Meutia Safrida Azwar.

Acara yang dibuka oleh Ketua Umum PP-TIM, Dr. Ir. Surya Darma, MBA dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Bidang Pemberdayaan Perempuan yang telah berinisiasi mengimplementasikan kegiatan ini sebagai wujud dari salah satu program umum, yaitu “Tapakoé Anggota.” Surya darma juga tak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada narasumber Hj. Nurhefti Dewinta Sukma dari sanggar Bungong Jeumpa.

Turut hadir pada seremonial pembukaan di samping Ketua PP-TIM juga Ketua PP-TIM yang mengkoordinir Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Bidang Pembinaan Remaja dan Anak, Hj. Tjut Ellyzar Said Umar Assegaf serta seorang Penasehat PP-TIM, Dr. Ir. Azwar Abubakar.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari peserta, hal tersebut terungkap saat penyampaian kesan atas nama peserta yang diwakili oleh Dra. Aisyah AR utusan TIM Cabang Ciputat, antara lain mengusulkan supaya bentuk rangkaian sirih tradisonal Aceh ini dipatenkan namanya dengan mengikutsertakan muatan lokal agar tidak diklaim oleh pihak lain atau negara lain sebagai hasil kreasi mereka.

Pelatihan yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2016 di Ruang Seminar Satu, Pusat Informasi Agrobisnis, Kementerian Pertanian itu terdiri dari dua sesi yang diawali dengan pemaparan teori pada sesi pertama selama satu jam dan selebihnya dilanjutkan dengan praktik melipat dan merangkai sirih hingga tiba saatnya seremonial penutupan yang dilakukan oleh Ketua PP-TIM, Hj. Tjut Ellyzar Said Umar Assegaf yang diteruskan dengan pembagian sertifikat untuk para peserta, panitia penyelenggara dan  narasumber oleh Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda.

 

ed231ac7-68fb-44e8-83d0-d255bf74251f

4c01aea2-319c-4450-a1ba-3baa28489fd5

cb754bae-b10b-4af7-b702-f18fe63e226c

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*