Dayah Labuhan Haji Terbakar, ADO Serahkan Bantuan

ACEH SELATAN  –  juli_16_adoKomunitas  Aceh di dunia maya “Awak Droe Only (ADO)” yang tersebar di berbagai negara dan daerah  menyerahkan bantuan uang tunai Rp 4.150.000 kepada  Pimpinan Pesantren Darussalam, Labuhan Haji, Tapaktuan, Aceh Selatan pada Jumat (15/7).

“Diharapkan bantuan yang dihimpun dari ratusan jamaah ADO bisa meringankan cobaan setelah dayah ini terbakar pada Ramadhan lalu,” ungkap  Wakil Bendahara Umum ADO Muazzinah Yacob didampingi Perwakilan ADO Barsela Muhammad Afdhal dan Rizza diLabuhan Haji, Aceh Selatan, Jumat (15/7).
Muazzinah  menuturkan setelah memperoleh kabar Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat,  terbakar pada Kamis (23/6) sekira pukul 22.30 WIB menyebabkan 150 unit rangkang rata dengan tanah, secepatnya jamaah ADO bersepakat “meuripe” secara ikhlas untuk memberikan sumbangan.

Hari ini Sumbangan diterima langsung oleh pimpinan ponpes yg merupakan cucu dari Abuya Muda Waly yaitu Abi Hidayat Muhibuddin Waly dan istrinya Wardiati Djamaluddin Waly. Beliau sangat terharu dan berterimakasih atas simpati dan support semua masyarakat Aceh termasuk Komunitas ADO. adapun sumbangan  saat ini masuk mencapai kurang lebih 300juta dan 300sak semen.

“Lihatlah sumbangan ini sebagai bentuk kepedulian  kepada santri-santri yang sedang belajar di dayah. Kami sangat prihatin dan peduli dengan musibah ini. semoga ke depan,  tata letak bilik dayah mampu mencegah merajalela kebakaran terjadi,”  pinta aktivis perempuan ini.

Dosen UIN Arraniry ini menyebutkan,  jamaah ADO melibatkan lintas batas usia, profesi, usia dan sebagainya. Aktif dalam kegiatan sosial seperti  bersamadiah kepada jamaah yang meninggal dunia.

selain itu juga kegiatan di bidang publik lain seperti berdemo di Banda Aceh dan Sigli meminta pada pemerintah untuk peduli pada kekerasan seksual terhadap anak-anak.

“Tahun lalu ADO juga Kritisi 10 Tahun MoU RI-GAM sebab tidak ada perubahan yang signifikan dibandingkan pelaksanaan selama sembilan tahun MoU Helsinki. Padahal setiap tahun menghabiskan miliaran uang rakyat untuk serimonial ini,” pinta Bireuen perempuan ini.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*