PIALA BERGILIR GUBERNUR ACEH FESTIVAL RATÓH JAROÉ 2015 DIBOYONG KEMBALI KE TANGERANG SELATAN

unnamed

Laleé geutanyoé laleé

Hana jan tatheé umu ka tuha

Putéh ngôn janggót kuneng ngôn miseé

H’an tom tacóm beé tika mushalla

 

Syi’ir berbahasa daerah Aceh yang sarat dengan pesan da’wah Islamdi atasdilantunkan oleh para syekh seni ratóh jaroépada ajang Festival Ratóh Jaroé tahun 2016 di Anjungan Pemerintah Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta yang diselenggarakan oleh Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta.Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turut, yaitu Sabtu dan Ahad, 29 dan 30 Oktober 2016.

kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh 62 sanggar seni bentukan sekolah setingkat SMA/ SMK dan perguruan tinggi yang tersebar di seantero Jabodetabek bahkan Yogyakarta. Mereka berjibaku mempersembahkan seni tari ratóh jaroéterbaik dengan kriteria memiliki preforma menarik, ketepatan waktu yang digunakan, kekompakan, kreatifitas, penghayatan dan syi’ir/ lagu yang dinyanyikan. Para dewan juri yang melakukan penilaian adalah para pakar dan praktisi seni tari yang kapabel di bidangnya, yaitu koreografer seni tradisional daerah Aceh dan juga dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Syekh Marzuki Hasan, Ny. MS. Trimawasanti dari Manajemen TMII dan Ery Ekawati, M.Sn. dari IKJ.

Festival yang mengundang decak kagum para wisata lokal dan manca negara ini dalam rangka memperebutkan piala bergilir Gubernur Aceh bertujuan melestarikan seni budaya tradisional Aceh untuk memperkaya khazanah budaya bangsa sebagaimana dituturkan oleh Tati  Hartini selaku ketua panitia pelaksana Festival Ratóh Jaroé 2016.

Keluar sebagai pemenang pertama tahun ini adalah SMA Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan berhak menerima uang tunai sebesar Rp 5 juta dan memboyong piala bergilir Gubernur Aceh untuk kembali Kota Tangerang Selatan menyusul tidak masuknya juara pertama tahun lalu SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dalam bursa pemenang. Pemenang kedua dan ke tiga masing-masing diraih oleh SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dan MAN 4 Jakarta.

Hadiah utama dan piala bergilir Gubernur Aceh diserahkan oleh Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Ir. Muhammad Badri Ismail sedangkan hadiah untuk pemenang ke dua diserahkan oleh Kepala Seksi Promosi dan Pameran Kantor Penghubung Pemerintah Aceh sekaligus selaku penanggungjawab pelakasanaan Festival Ratoh Jaroe 2016, Ir. Cut Putri Alyanur.Hadiah untuk pemenang ketiga diserahkan oleh Dewan Juri (SA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*