SENIF FISABILILLAH UNTUK PEMBANGUNAN MEUNASAH

dscn8241

CIREBON, Sabtu, 3/12/2016 | Badan Amil Zakat (BAZ) Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP-TIM) menyerahkan cek tunai dengan nominal Rp 20,000,000.00 (dua puluh juta rupiah) kepada Pengurus Taman Iskandar Muda (TIM) Cabang Cirebon yang langsung diterima oleh Sofyan Amir selaku Ketua TIM Cabang tersebut. Penyerahan dana zakat yang berasal dari senif fisabilillah oleh Ketua BAZ PP-TIM, Drs. Teungku Hasyim Syam, MA yang didampingi oleh Wakil Ketua Umum PP-TIM, H. Teuku Azwani Sabil, SE beserta segenap jajaran BAZ PP-TIM di antaranya Teungku Ashim Muoehammad Daoed Beureu Éh selaku bendahara dan H. Teuku Rizani Yusuf selaku pengawas berlangsung di Kantor Sekretariat TIM Cabang Cirebon di kawasan Plumbon Kabupaten Cirebon pada Sabtu, 3 Desember 2016.
Dalam pencerahan tentang penggunaan dana zakat Ketua BAZ PP-TIM menjelaskan bahwa penggunaan senif fisabilillah untuk pembangunan gedung meunasah sebagai sarana ibadah, madrasah dan kegiatan sosial kemasyarakatan dibenarkan secara syar’i dengan merujuk kepada hadits fi’liyah yang penah berlaku di zaman Nabi. Rasululllah Shallallahu ‘alaihi wasallam mempergunakan senif tersebut untuk pengadaan perlengkapan perang untuk kepentingan jihad dalam rangka li’i’lã-i kalimati’l-lãh. Bila ditinjau dari segi keberadaanya, salah satu fungsi meunasah adalah sarana untuk untuk berjihad dalam bentuk kajian-kajian ke-Islaman yang memiliki tujuan yang sama dengan jihad di medan perang yaitu dalam rangka meninggikan kalimah Allah untuk kemuliaan Islam.
Terkait gedung meunasah sebagia aset masyarakat Aceh baik yang ada di pusat maupun yang tersebar di cabang-cabang TIM, Wakil Ketua Umum PP-TIM, H. Teuku Azwani Sabil, SE dalam arahannya di hadapan Pengurus TIM Cabang Cirebon menghimbau untuk pengamanan aset masyarakat tersebut supaya membentuk yayasan yang diprakarsai oleh pengurus cabang TIM bersangkutan atau dimasukkan sebagai aset yang bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan Taman Iskandar Muda sebagai lembaga pengamanan aset masyarkat di tingkat pusat dengan catatan aset tersebut tetap dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh TIM Cabang Cirebon.
Kunjungan satu hari PP-TIM ke TIM Cabang Cirebon ditutup dengan meninjau lokasi pembangunan gedung menasah di Kelurahan Tuk, Kecamatan Kedaung, yang berjarak sekitar dua kilo meter dari pusat Kota Cirebon (SA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*