Surya Darma Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum PP-TIM Masa Bakti 2017-2021

DSCN8731

Perhelahatan akbar empat tahunan yaitu penyelenggaraan Musyawarah Besar (MUBES) Taman Iskandar Muda (TIM) XIX tahun 2017 telah berlangsung pada hari Ahad, 22 Januri 2017 bertempat di Ruang Pola Kantor Walikota Adminstrasi Jakarta Selatan. Acara ini digelar sehubungan telah berakhirnya masa kepengurusan Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP-TIM) masa bakti 2012-2016. MUBES yang berlangsung sehari penuh yang diikuti hampir seluruh cabang TIM se-Jabodetabek, Banten dan sebagian Jawa Barat berhasil memilih kembali Ketua Umum petahana, Dr. Ir. Surya Darma, MBA untuk kesempatan yang kedua setelah berhasil mengungguli para pesaimgnya pada pemilihan tertutup dengan perolehan suara terbanyak pertama mencapai 68 suara, menyusul pada urutan ke dua Dr. Ir. Ridwan Nyak Baik, M.Sc dengan perolehan 50 suara dan pada urutan ke tiga H. T. Azwani Sabil, SE., sebanyak 38 suara. Sedangkan pada urutan ke empat, ke lima ke enam dan ke tujuh masing-masing diraih oleh Zulfikar Zakaria 31 suara, Banta Umar B. Alwi 30 suara,  Mukhtar Yusuf dengan perolehan 17 suara dan Amran Arifin 11 suara. Sesuai dengan tata tertib,  peserta yang perolehan suaranya masuk dalam kelompok tujuh besar oleh Presidium Sidang disahkan sebagai ketua dan anggota Tim Formatur MUBES TIM XIX/ 2017.

Ketua Majelis Mufakat TIM, Mayjen. TNI (Purn) Iskandar Ali dalam pandangan umum pasca penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2012-2016, memberikan apresiasi berkenaan dengan beberapa keberhasilan yang sudah diwujudkan di bawah kepengurusan Surya Darma, antara lain telah berani memulai pembangunan Wisma TIM sebagai sentra kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan TIM.

Presidium Sidang yang diketuai oleh Ketua Umum PP-TIM dua periode (1993-1996 & 1996-2000), Dr. Ir. Mustafa Abubakar, M.Si mewakili unsur penasehat yang didampingi oleh Sekretaris, Amrizal Abdullah Basyari, SE mewakili unsur cabang dan beranggotakan Dr. Sharifuddin Husin, MM dari unsur PP-TIM domisioner, Drs. Nasruddin, M.Si mewakili unsur Majelis Mufakat TIM domisioner dan Zulfikar Zakaria, SH dari unsur cabang juga mengakomodir terbentuknya tiga sidang komisi yaitu Komisi A yang membahas amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) TIM dipimpin oleh Drs. Banta Umar B. Alwy dan Komisi B, membahas rencana program kerja dipimpin oleh Gunter Gempar Alam dan Komisi C, membahas rekomendasi dipimpin oleh T. Rizani Yusuf.

Ketua Umum terpilih, Dr. Ir. Surya Darma, MBA dalam sambutannya pasca perhitungan suara menyampaikan terima kasih kepada semua unsur yang telah mempercayakan kembali dirinya sebagai nakhoda dalam mengurus TIM di tingkat pusat untuk kesempatan yang ke dua dan memberi apresiasi kepada panitia pengarah yang diketuai oleh T. Azwani Sabil karena telah menyusun seluruh draf sehingga memuluskan jalannya semua tahapan MUBES TIM XIX. Penghargaan berikutnya kepada ketua panitia pelaksana, Kaharuddin Syah beserta jajarannya yang telah berhasil mengantarkan MUBES TIM XIX dalam suasana kondusif kendati pun sarat dengan dinamika.Terakhir Surya Darma meminta dukungan kepada semua pihak agar tetap komitmen melanjutkan beberapa rencana program yang belum terealisasi seluruhnya terutama pembangunan Wisma TIM dan rencana program baru untuk empat tahun ke depan (SA).

sebagai wujud pengimplentasian program kerja melalui empat pilar program umum PP-TIM, yaitu Tahirô Gampóng, Tajunjóng Nanggroé, Tapakoé Anggota dan Tapeulah Syedara.

Program Tapakoé Anggota yang dijabarkan melalui pelatihan perawatan jenazah yang melibatkan para pengurus cabang TIM se-Jabodetabek, Banten dan sebagian Jawa Barat, secara resmi oleh Ketua Umum PP-TIM, DR. Ir. Surya Darma, MBA pada hari Sabtu, 11 April 2015 di ruang Delanggu, Gedung BULOG 2 Jakarta.

Kegiatan yang dibidani oleh Bidang Agama di bawah koordinasi Ketua PP-TIM, Drs. Yusra Huda, MM dibagi dua sesi. Sesi pertama merupakan pembekalan dalam bentuk teori dipaparkan oleh ustadz Drs. Ahmad Yani dan sesi ke dua dalam bentuk praktek merawat jenazah, mulai dari cara memandikan dan mengafankan dilakukan oleh ustadz Main Rosa, ke duanya sebagai praktisi di Yayasan Khairul Ummah Jakarta.

Pelatihan yang diikuti oleh 38 peserta sebagai utusan 16 cabang yang hadir dari 40 cabang TIM yang diundang, yaitu : TIM Cabang Balaraja satu peserta, Bogor dua peserta, Cibinong dua peserta, Ciputat dua peserta, Depok tiga peserta, Depok Sukmajaya dua peserta, Jatisampurna tiga peserta, Kebayoran lama-Bintaro dua peserta, Kebon Jeru tiga peserta, Klender lima peserta, Parung empat peserta, Parung Panjang dua peserta, Pondok Gede dua peserta, Tangerang satu peserta dan Tanjung Priuk sembilan peserta, ditutup beberapa saat mejelang shalat Ashar.

Menurut Ketua Bidang Agama PP-TIM yang sekaligus koordinator kegiatan pelatihan, Drs. H. Nasser AR kegiatan ini akan dilanjutkan oleh para perserta di masing-masing cabang TIM yang ikut pelatihan hari ini dan insya Allah sebelum Ramadhan tahun ini (1436H) bidang ini akan menyelenggarakan pelatihan pemandu acara (MC) dan khatib sekaligus membentuk dan meluncurkan Korp Muballigh TIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*