FESTIVAL KULINER ACEH 2017

pptim-festival-makanan

Selama beberapa tahun terakhir Anjungan Pemerintah Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar Fetival Kuliner Tradisional Aceh yang diikuti oleh peserta umum dan para pelaku usaha kuliner. Akan tetapi pada tahun 2017 ini pesertanya adalah para siswa SMK jurusan tataboga yang terdiri dari 11 tim  berasal dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jabodetabek. Hal ini senada dengan tema acara “Melalui Festival Kuliner Aceh, Kita Bina Generasi Muda Indonesia Untuk Mencintai Seni Budaya Bangsa.” Sebagaimana diungkapkan oleh Imelda Suraiya, selaku Ketua Panitia Pelaksana saat menyampaikan laporan pada acara seremonial pembukaan festival tersebut.

Agenda rutin tahunan Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta dalam rangka memperebutkan piala isteri Gubernur Aceh dan sejumlah uang tunai itu, diberi penilaian oleh tiga orang juri dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda, yaitu Teuku Nausa selaku pelaku usaha kuliner khas Aceh yang berlokasi di kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Nausa dinobatkan sebagai Ketua Dewan Juri yang didampingi oleh dua rekannya, masing-masing,  Ir. Dra. Ertis Yulia Manikam selaku Manejer Informasi dan Budaya Manajemen TMII dan Chef Nasional, Tikno Widodo yang sarat dengan pengalaman penyajian kuliner tradisional nusantara di berbagai even kuliner di hotel-hotel bintang lima..

Ajang memperkenalkan kuliner tradisonal khas Aceh kali ini, menurut Kepala Sub Bidang Promosi dan dan Pameran, Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta dan merangkap Kepala Anjungan Pemerintah Aceh TMII, untuk pertama kali menggelar jenis perlombaan kuliner dengan sajian khas Aceh, yaitu “Bu Guri,” sejenis nasi uduk Betawi, akan tetapi memiliki taste yang sangat unik sebab kendatkipun sama-sama bahan bakunya beras namun racikan bumbu yang terkandung di dalamnya lebih terasa aroma rempah-rempah yang hanya tersedia di Bumoé Seuramoé Makkah.

Acara yang digelar di plaza Anjungan Pemerintah Aceh TMII pada hari Ahad, 08/10/2017 sejak pukul 09.00 s/d 16.30 WIB telah menghasilkan tiga juara utama dan tiga juara harapan. SMKN 57 yang Jakarta yang tergabung dalam tim C, menempati urutan pertama lalu disusul oleh SMKN 24 tim B, sebagai runner up dan di urutan ke tiga diraih oleh SMK Paramitha 1. Sedangkan juara harapan 1, 2 dn 3, masing-masig diraih oleh SMK Jaya Wisata 2 tim A, SMK Patria Wisata dan SMKN 57 Tim B (SA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*